Sound System School

tempat belajar operator sound

Perlengkapan sound yang wajib dimiliki Gedung Pertemuan

Banyak sekali gedung pertemuan dan rumah ibadah yang salah beli perlengkapan sound karena ketidak-mengertian pembeli dan penjual.


Berikut ini kami sampaikan panduan membeli perlengkapan sound bagi keperluan gedung atau rumah ibadah. Panduan ini adalah panduan minimum dan dapat dikembangkan sesuai kebutuhan yang meluas. Keperluan minimum perlengkapan sound gedung pertemuan / ibadah adalah sbb. :


- Mixer 8 channel untuk 2 MC, 4 Pembicara, Laptop, CD Player. Jumlah channel dapat ditambah sesuai kebutuhan (alat band, dsb.). Beberapa merk mixer analog yang dapat diandalkan adalah (kelas menengah ke atas) : Yamaha, Allen-Heath, Soundcraft, Venue, Digico.


- Dua set speaker utama 2-4 ways (speaker dapat ditambah sesuai luas gedung dan jumlah audiens). Beberapa merk yang dapat diandalkan adalah : Beta3, Mackie, V8Sound Harry Kiss, RY Design, JBL, RCF, KV2, ElectroVoice, Meyer.


- Satu buah Crossover sesuai kebutuhan speaker utama. Merk yang populer di Indonesia adalah dBX.

 

- Beberapa buah speaker 15 inch untuk monitor atau speaker tambahan ke audiens. Beberapa merk yang dapat diandalkan : Beta3, Mackie, RCF.


- Dua buah Wireless Mic UHF untuk keperluan pembicara bergerak lebih dari 2 meter. Pastikan bahwa gelombang wireless saling berbeda satu dengan yang lain. Merk yang dapat diandalkan adalah : AKG, Sennheiser, dan Shure.


- Empat buah Mic kabel untuk keperluan pembicara tidak bergerak dan alat musik. Untuk keperluan ini disarankan agar memiliki beberapa merk yang berbeda-beda untuk mengantisipasi berbagai karakter vokal pembicara. Merk yang populer adalah Sennheiser dan Shure.


- Satu buah mic condenser untuk keperluan khusus (paduan suara, dsb.). Merk yang populer adalah AKG, Shure, dan Audio Technica.

 

- Dua buah Graphic Equalizer 2x31 untuk keperluan setting sound dan mengatasi feedback. Merk yang populer adalah : Behringer, dBX, dan Ashly.


- Dua buah Direct Inject (DI) Box untuk keperluan multi-media atau alat musik. Merk yang populer adalah : ART, PDB, Behringer. 


- Kabel-kabel secukupnya. Selalu gunakan koneksi balance (+, -, dan ground) untuk menghindari masalah noise dan sebagainya. Kabel CANARE dan kepala jack NEUTRIX adalah merk yang dapat diandalkan.


- Stand microphone sesuai jumlah microphone. Merk apa saja dapat digunakan.


- Bila dana mencukupi, sebaiknya memiliki dua buah FX / Reverb untuk memperindah vokal di ruangan anda. Merk yang populer adalah : Lexicon, TC Electronic, dan Yamaha. Anda tidak perlu membeli Reverb bila di mixer sudah memiliki fasilitas Reverb. 


- Bila dana mencukupi, sebaiknya juga memiliki satu buah Compressor Gate untuk mengantisipasi vokal yang berubah-ubah kekerasannya dan noise ruangan. Merk yang populer adalah dBX, Drawmer.


- Untuk keperluan sound sederhana, kami menyarankan menggunakan alat sound analog. Tetapi untuk keperluan yang kompleks (speaker sangat mahal, mixer sangat besar, dll), peralatan digital sangat menolong.   


Jangan pernah membeli barang palsu (kw1, kw2, dsb.) untuk keperluan gedung pertemuan / ibadah. Barang palsu akan melukai reputasi anda, dan menghasilkan lebih banyak masalah dibandingkan penghematan. 

Konsultasi

Untuk konsultasi cuma-cuma dapat menghubungi kami di soundsystemschool@ymail.com

Untuk mendapatkan jawaban yang akurat, mohon untuk menyertakan foto perlengkapan, ukuran ruangan, tata panggung, dan detil penggunaan ruangan secara mendetail.